Selasa, 03 September 2013

cerita ospek~

Halloooo blog-ers.
Balik lagi sama gue, si kecil dari ciputat.
Kesempatan kali ini gue mau nyeritain masa-masa ospek gue di kampus. Okeh , cekidottt!
Setelah sekian lama melewati masa-masa dilema memilih jurusan serta memperjuangkan untuk mendapatkan satu kursi di PTN, akhirnya dengan restu dan izin Allah, gue ngedapetin apa yang gue inginkan, yaitu menjadi mahasiswi jurnalistik di salah satu Universitas berstatus Jakarta, tapi berlokasi di ciputat. Ya, tidak salah dan tidak bukan yaitu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dengan penuh suka cita, gue mendaftarkan diri (daftar ulang) sampai daftar OPAK. OPAK itu nama kerennya ospek di UIN Jakarta. Kepanjangan OPAK itu sendiri yaitu Orientasi Pengenalan AKademik. OPAK di UIN Jakarta dilaksanakan pada tanggal 29-31 Agustus kemarin.
Dengan penuh gelora gembira, gue menyambut OPAK dengan semangat, sekaligus buat ajang modus sih, maklum mblo. OPAK hari pertama, para maba disuruh dateng ke fakultas  jam 5 pagi. Alhamdulillahnya jarak rumah gue ke kampus cuma memakan waktu 5 menit, hihi.

Pagi itu setiap fakultas udah dipenuhi para maba yang  lengkap dengan atribut mereka, termasuk gue. Gue, maba FIDKOM make atribut serba merah (Merah-merah, fakultas dakwah~). Dateng dengan wajah sumringah, padahal nyawa masih nyangkut di kasur.
Pukul 6 pagi, seluruh maba dari setiap fakultas dikumpulkan di lapangan, guna melaksanakan upacara pembukaan opak. Lapangan itu mendadak padat, ramai, sesak, dan penuh warna oleh masing-masing atribut tiap fakultas. FIDKOM khas dengan Merah, F. Ushuluddin khas dengan biru, F. Tarbiyah dengan hijaunya, dll. Lapangan juga mendadak ramai dengan yel-yel tiap fakultas. Masing-masing fakultas tidak mau kalah keras  menyanyikan yel-yel kebanggaan fakultas mereka. Semua maba dan senior menyambut dengan suka cita.

OPAK hari pertama merupakan OPAK Universitas. Di hari pertama juga ada penampilan demo UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang diadakan di Auditorium Dr. Harun Nasution. Auditorium pun mendadak ramai, padat, riuh, dipenuhi para maba yang akan melihat penampilan dari UKM-UKM tersebut. Semua penampilan UKM, mulai dari PSM (Paduan Suara), Teater Syahid, LPM Institut, FLAT, KALACITRA, dll dapat memikat setiap pasaang mata para mahasiswa baru, termasuk gue. Gue excited banget sama penampilan PSM dan Teater Syahid, walau akhirnya gue memutuskan untuk tidak ikut ukm tersebut-_-

OPAK pun berlanjut di hari kedua. Hari kedua merupakan OPAK Fakultas. OPAK Fakultas ini di warnai dengan materi-materi dari Dekan fakultas, dari bagian akademik fakultas, sampai demo LSO fakultas. LSO itu sendiri adalah Lembaga Semi Otonom yang ada di Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Penampilan LSO-LSO yang ada di FIDKOM juga membuat sepasang mata gue serius memperhatikannya, mulai dari LSO VOC, KONTRAS, KMLA Garuda, SKETSA, Klise Fotografi, dll. Rasanya pengen ikutin semua LSO yang ada di Fakultas Dakwah~

Hari terakhir OPAK, masih tetep semangat dan antusias, walaupun berasa banget capeknya. OPAK ketiga itu OPAK Jurusan. Gue termasuk di Konsentrasi Jurnalistik. Opak hari itu, para maba di kumpulkan per jurusan, lalu dikenalkan  apa saja tentang jurusan tersebut, dikenalkan sama para senior dari jurusan itu, dikenalkan sama ketua jurusan, di kenalkan sama mata kuliah yang akan di tawarkan, dan lain-lain.
Selain berkumpul per jurusan, opak hari terakhir juga diadakan  lomba-lomba di FIDKOM. Mulai dari lomba yel-yel per kelompok, lomba dai, presenter, penyiar, king and queen sampai lomba debat. Tiap peserta lomba mengikuti lomba tersebut dengan penuh keantusiasan.

Akhirnya, pukul 21.00 opak di fakultas gue ditutup. Opak FIDKOM ditutup oleh dekan. Semua maba FIDKOM sudah sangat lelah malam itu. Tapi rasa senang, bahagia, bangga dapat menutupi kelelahan kami.
Oia, yang paling gue salut di OPAK kampus ini ga ada yang namanya “SENIORITAS”. Ga ada namanya “Bullying” kepada mahasiswa baru peserta OPAK. Ga ada yang namanya hukuman fisik maupun mental. Kalo di FIDKOM, hukuman cuma sekali pas pemeriksaan atribut. Itu juga hukumannya anti kekerasan, cuma joget Caisar seala kadarnya (asal-asalan).

Senior-seniornya juga sangat welcome kepada para maba. Mereka sangat friendly sama kita, saudara baru. Mereka menyambut kita sebagai saudara yang baru datang dari merantau dengan sangat hangat. Mereka asik-asik, baik-baik, lucu-lucu, cantik-cantik dan juga ganteng-ganteng, hahaha. Mereka tau saat kita para maba udah keliatan bosen dan capek, lalu mereka menghibur dengan cerita lelucon selucu mungkin yang dapat meningkatkan mood para maba.
Pokoknya, OPAK UIN Jakarta menjadi momen yang gak akan gue lupain. OPAK UIN juga menjadi ajang tebar modus dan terbar kode serta pendekatan bagi mereka-mereka yang single, termasuk gue..

(Sang merah-merah, fakultas dakwah, datang proaksi yang lain pada gerah~)

                                                                                                                                   Devi Andita Octavia,

                                                                                Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi

5 komentar:

  1. kak aku juga jurusan jurnalistik di UIN jakarta tahun 2014 ini.. hehe

    BalasHapus
  2. @muhajirajil , aku juga see u there ahhaha
    Makasih banget kak buat share ttg opak kakak .. sukses ya kk

    BalasHapus
  3. Ospek nya seangkatan...ha ha ha ha

    BalasHapus
  4. Bolehlah berkunjung ke blogger KK.
    www.aperofublic.blogspot.com

    BalasHapus